DIREKTORAT BINA INTALA

Tugas dan fungsi Direktorat Bina Intala adalah melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan, pelaksanaan kebijakan, standardisasi serta pemberian bimbingan teknis dan evaluasi di bidang Instruktur dan Penggerak Swadaya Masyarakat (PSM) lembaga pelatihan pemerintah, Instruktur lembaga pelatihan swasta, dan Tenaga Pelatihan, serta sistem informasi Instruktur, PSM, dan Tenaga Pelatihan.

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah RI Nomor 31 Tahun 2006 tentang Sistem Pelatihan Kerja Nasional Sislatkernas) bahwa  penyelenggaraan pelatihan kerja harus didukung dengan Tenaga Kepelatihan yang memenuhi persyaratan kualifikasi kompetensi sesuai dengan bidang tugasnya.Kualifikasi kompetensi Tenaga Kepelatihan dimaksud mencakup kompetensi teknis, pengetahuan, dan sikap kerja.Salah satu pilar utama dalam sistem pelatihan kerja yang sangat penting peranannya adalah Instruktur yang kompeten. Instruktur Kompeten  adalah instruktur yang telah mengikuti diklat dasar dan upgrading pelatihan berbasis kompetensi dan atau yang telah memiliki serifikat kompetensi dalam bidang teknis dan metodologi. Instruktur dan tenaga pelatihan merupakan tulang punggung dan motor penggerak guna terselenggaranya pelatihan secara efektif. Pembinaan dan peningkatan Instruktur secara nasional dan terpadu melalui diklat dasar dan  up grading dengan pola pelatihan dan pemagangan atau OJT di industri baik di dalam maupun di luar negeri dilakukan secara terencana, bertahap dan berkelanjutan. Selain itu guna mendorong dan memacu peningkatan kompetensi Instruktur secara kolektif dan kompetitif sehingga setiap instruktur akan terpacu untuk meng up-grade kompetensinya baik kompetensi teknis maupun metodologis maka dilaksanakan  kompetisi instruktur reguler secara nasional.
Berdasarkan Kepmenpan Nomor Kep.36/Kep/M.PAN/2003 lingkup kerja jabatan fungsional instruktur mencakup semua kegiatan yang berhubungan dengan unsur dan sub unsur kegiatan yang terdiri dari pendidikan, pelaksanaan pelatihan, pengembangan pelatihan, pengembangan profesi dan penunjang. Dalam rangka menjamin kualitas dan existensi jabatan fungsional Instruktur dan PSM dalam mentransformasikan  kompetensi kepada peserta latih,  dilakukan pembinaan dan peningkatan kompetensi dan Daftar Usulan Penetapan Angka Kredit (DUPAK) sebagaimana dalam gambar dibawah ini.

Skema Pembinaan Jabatan Fungsional Instruktur dan PSM

Alur Pengusulan Daftar Usul Penilaian Angka Kredit (DUPAK)